Metode Pemilihan Lokasi Pabrik. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan sebagai pemilihan alternatif lokasi pabrik :
A. RANKING PROCEDURE
Metode pemilihan lokasi pabrik yang pertama ialah metode "ranking procedure"Metode ini dipergunakan untuk problem yang bersifat kualitatif/subyektif, biasanya digunakan untuk permasalahan yang sulit untuk dikuantifikasikan dengan menggunakan pembobotan (Wi) kriteria penentu (i) dan pemberian skor terhadap alternatif (j) berdasarkan kriteria penentu (Yij)
Langkah-langkah rangking procedure :
1. Tentukan alternatif-alternatif lokasi yang akan dipilih ( j )
2. Indentifikasi faktor-faktor penentu ( Yij ) yang relevan dalam penentuan lokasi pabrik.
3. Pemberian bobot dari masing-masing faktor penentu berdasarkan derajat kepentingan ( Wi ).
4. Pemberian skor (nilai) terhadap tiap alternatif lokasi ( j ) berdasarkan masing-masing faktor penentu ( Yij ), Skala penilaian menggunakan nilai 0 – 10 point dengan nilai 10 sebagai point terbesar
5. Tentukan total nilai dari masing-masing alternatif lokasi (Zj) dengan cara mengalikan bobot dari tiap faktor penentu dengan skor dari tiap alternatif lokasi
Alternatif lokasi yang memiliki total nilai (Zj) terbesar sebagai alternatif terbaik yang dipilih
Langkah-langkah rangking procedure :
1. Tentukan alternatif-alternatif lokasi yang akan dipilih ( j )
2. Indentifikasi faktor-faktor penentu ( Yij ) yang relevan dalam penentuan lokasi pabrik.
3. Pemberian bobot dari masing-masing faktor penentu berdasarkan derajat kepentingan ( Wi ).
4. Pemberian skor (nilai) terhadap tiap alternatif lokasi ( j ) berdasarkan masing-masing faktor penentu ( Yij ), Skala penilaian menggunakan nilai 0 – 10 point dengan nilai 10 sebagai point terbesar
5. Tentukan total nilai dari masing-masing alternatif lokasi (Zj) dengan cara mengalikan bobot dari tiap faktor penentu dengan skor dari tiap alternatif lokasi
Alternatif lokasi yang memiliki total nilai (Zj) terbesar sebagai alternatif terbaik yang dipilih
B. METODE ANALISA PUSAT GRAVITASI
Metode pemilihan lokasi pabrik yang kedua adalah "Analisa pusat gravitasi", dibuat dengan memperhitungkan jarak masing-masing lokasi sumber (i) atau daerah pemasaran (i) dengan alternatif lokasi (j), Pada metode ini terdapat asumsi bahwa biaya produksi dan distribusi untuk masing-masing lokasi adalah sama
Rumus umum yang dipergunakan adalah :
m = Jumlah alternatif lokasi
n = Jumlah daerah pemasaran atau sumber material
(Xi , Yi) = Koordinat lokasi pabrik
(aj , bj) = Koordinat lokasi pasar atau sumber material
Wj = Besar demand pada pasar atau jumlah source material yang tersedia
C. METODE BROWN-GIBSON
Menggunakan konsep “Preference of measurement” yaitu konsep penilaian terhadap suatu alternatif solusi dengan kriteria tertentu berdasarkan prinsip preferensi, yang menggabungkan faktor-faktor kuantitatif (obyektif) dan kualitatif (subyektif).
Langkah penyelesaian metode ini adalah sbb:
1. Eliminasi alternatif yang jelas tidak memenuhi syarat (tidak layak).
Misalnya : Harga lahan melebihi budget untuk investasi lahan,
2. Tentukan Performance of measurements dari faktor obyektif (OF)
Menggunakan konsep “Preference of measurement” yaitu konsep penilaian terhadap suatu alternatif solusi dengan kriteria tertentu berdasarkan prinsip preferensi, yang menggabungkan faktor-faktor kuantitatif (obyektif) dan kualitatif (subyektif).
Langkah penyelesaian metode ini adalah sbb:
1. Eliminasi alternatif yang jelas tidak memenuhi syarat (tidak layak).
Misalnya : Harga lahan melebihi budget untuk investasi lahan,
2. Tentukan Performance of measurements dari faktor obyektif (OF)
Ci adalah total annual cost untuk alternatif 1 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar