Sabtu, 03 Maret 2012

Analisa Pasar ( Unsur Permintaan dan Penawaran )

Secara garis besar, pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Tapi apa sebenarnya pasar itu?

    - Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli (bazar … tradisional)

    -Ada interaksi antara pembeli dan penjual (tanpa tatap muka, via telepon, faksimili, dan sebagainya)

    -Transaksi berakhir ada kesepakatan harga antara penjual dan pembeli

Tujuan dari dilakukannya analisa pasar adalah untuk mengetahui karakteristik pasar, konsumen, perusahaan pesaing, pangsa pasar dan pertumbuah pasar. Sehingga jika semua hal tersebut sudah diketahui nantinya perusahaan tidak akan salah dalam merancang strategi memasarkan produknya dan menentukan waktu yang tepat untuk memperbesar kapasitas produksinya.

Dalam permintaan terdapat 2 jenis kurva yang berlaku :

1. Kurva Permintaan Miring Negatif

    Pada harga yang tinggi pembeli tidak mampu dan mengundurkan diri sebagai pembeli. Pada harga yang lebih rendah akan lebih banyak pembeli yang mampu sehingga jumlah barang yang dibeli akan lebih banyak lagi
    Peningkatan harga akan memperkecil anggaran yang tersedia untuk komoditas lainnya.
    Pada harga yang tinggi orang lebih tertarik untuk membeli barang lain yang dapat dijadikan penggantinya

2. Kurva Permintaan Miring Positif

    Pada harga yang rendah hanya produsen yang efisien saja yang mampu mempertahankan operasi
    Pada harga yang tinggi akan lebih banyak produsen yang mempu menjalankan operasinya
    Pada harga yang tinggi lebih banyak perusahaan ( produsen ) yang tertarik menjalankan bisnis


Pergesaran ( perubahan ) Pemintaan

    Pola preferensi - keinginan orang atau kelompok
    perubahan pendapatan - naiknya permintaan
    Distribusi pendapatan - lebih homogen akan meningkatkan permintaan total
    Perubahan kependudukan - Lebih banyak lebih tinggi permintaan
    Perubahan pengharapan - pengharapan terhadap masa depan yang tidak pasti akan meningkatkan permintaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar