Kamis, 29 Maret 2012

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Pengertian Komunikasi pemasaran adalah:
”Kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual yang merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan dibidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.”

Menurut Marius P. Angipora (1999:220) Komunikasi pemasaran merepresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran merek, yang memfasilitasi terjadinya pertukaran dengan menciptakan suatu arti yang disebarluaskan kepada pelanggan atau kliennya. Biasanya pemasaran yang berhasil dapat terjadi setelah dilakukan komunikasi atau penyampaian pesan. 

Definisi lain menyatakan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan atau produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan (Lamb, Hair, Mc.Daniel, 2001).

Kennedy dan Soemanegara menyatakan bahwa pengertian komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah: 
”Kegiatan komunikasi yang bertujuan menyampaikan pesan kepada konsumen dengan menggunakan berbagai media, dengan harapan agar komunikasi dapat menghasilkan tiga tahap perubahan yaitu perubahan pengetahuan, perubahan sikap, dan perubahan tindakan yang dikehendaki.”

Pemilihan pesan yang menarik sangat mempengaruhi calon konsumen. Penerimaan pesan oleh konsumen dapat dilihat dengan konsumen tahu akan keberadaan suatu produk atau jasa, perubahan selanjutnya yang diharapkan perusahaan adalah konsumen mulai menyenangi produk yang ditawarkan namun belum disertai dengan tindakan yang nyata dan tujuan akhir konsumen membeli produk atau jasa tersebut. 

Pengertian komunikasi pemasaran yang menyertakan tujuan pemasaran dalam jangka panjang diungkapkan oleh Kennedy dan Soemanegara (hal.5) adalah :
”Kegiatan pemasaran menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi pada orang banyak agar tujuan perusahaan tercapai yaitu terjadinya peningkatan pendapat atau penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.”

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar