Selasa, 03 Juli 2012

Cara Kerja Internet

Internet memang bisa dibilang sebuah teknologi yang dapat dikategorikan "masih baru". Akan tetapi sulit membayangkan kemajuan teknologi, informasi, dan apapun itu saat sekarang ini tanpa adanya dukungan dari internet. Dapat dikatakan saat ini hampir setiap kalangan sangat bergantung kepada internet. Akan tetapi pernahkah Anda berfikir tentang cara kerja internet?

Untuk memahami Internet dan memahami cara kerja internet, akan sangat membantu jika kita melihatnya melihatnya sebagai sebuah sistem dengan dua komponen utama. Komponen yang pertama adalah perangkat keras, yang termasuk di dalamnya berbagai jenis kabel yang membawa berbagai macam informasi setiap detiknya ke hadapan Anda. 
sumber gambar computer.howstuffworks.com

Jenis lain dari perangkat keras yang mendukung Internet termasuk router, server, menara seluler, satelit, radio, smartphone dan perangkat lainnya. Semua perangkat ini bersama-sama menciptakan jaringan dari berbagai jaringan. Elemen ini disebut koneksi. Yaitu beberapa titik akhir - Komputer, perangkat smartphone atau lainnya yang Anda gunakan untuk membaca ini dapat dihitung sebagai satu, yang disebut titik akhir klien-klien. Mesin yang menyimpan informasi yang kita cari di Internet adalah server. Elemen lainnya adalah node yang berfungsi sebagai titik koneksi sepanjang rute lalu lintas. Dan kemudian ada jalur transmisi yang dapat fisikseperti dalam kasus kabel dan serat optik.

Semua perangkat keras ini tidak akan membuat jaringan tanpa komponen kedua dari Internet, yaitu protokol. Protokol adalah set aturan yang mesin ikuti untuk menyelesaikan tugasnya. Tanpa seperangkat protokol, yang harus diikuti oleh semua mesin yang terkoneksi ke interent, maka akan menyebabkan semua komunikasi antar perangkat tidak bisa terjadi. Tanpa adanya protokol ini, berbagai mesin tidak akan mampu untuk memahami satu sama lain atau bahkan mengirim informasi dengan cara yang tepat. Protokol menyediakan baik metode dan bahasa yang sama untuk mesin yang digunakan mesin untuk mengirimkan data.

Sekian dulu pembahasan mengenai cara kerja internet kali ini semoga saja dapat menambah pemahaman Anda sekalian tentang cara kerja internet. Jangan lupa baca juga sejarah dan perkembangan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar