Jumat, 20 Juli 2012

Tips Menjadi Penulis yang Baik

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang memang bagi sebagian orang sangat sulit untuk dilakukan. Walaupun semenjak sekolah dasar kita telah diajarkan untuk menulis, akan tetapi menulis tetap saja menjadi momok yang menakutkan. 

Hal ini tidak bisa dipungkiri begitu saja, dapat kita lihat di kehidupan sehari-hari, hanya segelintir orang yang tertarik dalam urusan tulis-menulis (menggemari bidang jurnalistik), sangat sedikit orang yang mau menulis walaupun itu sekedar menulis sebuah buku harian saja, banyak pelajar ataupun mahasiswa yang mengalami kesusahan dalam menulis laporan tugas mereka. Kesulitan yang rata-rata mereka alami yaitu mereka sulit dalam merangkai kalimat untuk tulisan mereka. Bukan hanya itu, kendala utamanya sebenarnya adalah kita mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dalam tulisan kita

Menjadi penulis memang membutuhkan keterampilan khusus. Akan tetapi menulis semua orang dapat menjadi penulis. Penulis bukan hanya sebatas profesi untuk mendatangkan uang, kita dapat menjadi penulis carita-cerita untuk anak-anak, penulis puisi untuk membahagiakan orang lain, atau hanya sebagai sebuah kesenangan saja. Dengan menulis untuk diri sendiri bukan sebagai profesi, kita tidak perlu takut salah, karena tidak akan ada yang pernah menyalahkan kita, hal ini pun cukup berguna bagi kita untuk mengasah skil menulis kita.

Akan tetapi untuk dapat menjadi penulis yang baik, kita tentu harus giat berlatih dan terus mencoba dan terus mencoba hingga tulisan kita terus menjadi lebih baik.

Tips Menulis

Berikut tips menjadi penulis yang baik yang perlu Anda perhatikan jika ingin meningkatkan skil atau kemampuan menulis Anda:
  1. Rajin membaca. Dengan Anda rajin menbaca, maka akan semakin menambah pengetahuan Anda. Bukan hanya itu dengan rajin membaca juga akan memperbanyak kosa kata Anda serta dapat mempelajari berbagai macam teknik menulis yang dimiliki oleh para penulis lainnya.
  2. Jangan takut untuk menuangkan ide Anda ke dalam tulisan. Salah satu kendala utama dalam menulis ialah sulitnya menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan. Untuk menuangka ide ke dalam tulisan memang bukan perkara gampang, namun hanya bagi orang-orang yang malas untuk menulis. Jika Anda mau menuangkan setiap ide Anda ke dalam tulisan, dengan sendirinya Anda akan terbiasa, walaupun awalnya memang susah. Oleh karena itu, tulis saja semua ide Anda dalam sebuah tulisan kasar, nah setelah semuanya Anda tuangkan ke dalam tulisan, bah barulah Anda mulai untuk memperbaiki dan merapikan tulisan Anda tersebut.
  3. Buat Tulisan dengan kata-kata atau bahasa yang mudah dipahami. Berusahalah untuk selalu menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang banyak. Banyak penulis yang menulis dengan bahasa atau istilah-istilah "canggih". Mereka menganggap dengan menulis dengan menggunakan istilah-istilah "canggih" terebut mereka dapat terlihat pandai, berpendidikan tinggi dan berpengetahuan luas. Akan tetapi mereka tidak sadar, bahwasanya banyak orang yang akhirnya bingung membaca tulisan mereka. Oleh karena itu salah satu hal penting yag harus Anda ingat ialaah menulislah dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. karena inti dari menulis ialah memberikan dan menyampaikan informasi, ide, pengetahuan kepada para pembaca. Apa gunanya kita menulis jika maksud dari tulisan kita nantinya tidak dapat dipahami oleh orang lain.
  4. Publikasikan tulisan Anda. Dengan Anda mempublikasikan tulisan Anda, Anda dapat melatih kepercayaan diri Anda dalam menulis. Tidak cuma itu, Anda juga dapat meminta masukan dari para pembaca Anda, sehingga Anda dapat memperbaiki segala kekurangan dalam tulisan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar