Minggu, 01 Juli 2012

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Virus komputer merupakan "Sebuah program yang dapat 'menginfeksi' program lain dengan memodifikasi mereka untuk menyertakan salinan yang dapat berevolusi dengan sendirinya". Virus komputer merupakan suatu yang amat dihindari oleh para pengguna komputer karena dapat merusak sistem di dalam komputer. Bahkan lebih buruknya lagi, virus komputer dapat mencuri data yang kita miliki dan merusak komputer hingga tidak dapat digunakan lagi. Dari sekian banyak virus komputer yang pernaha ada, terdapa beberapa virus komputer paling berbahaya dari virus-virus lainnya. 

Virus-virus komputer paling berbahaya tersebut banyak menyedot perhatian pengguna komputer di seluruh dunia, karena dampat global yang ditimbulkannya. Pada artikel ini akan dijabarkan 5 virus komputer paling berbahaya yang pernaha muncul.

Berikut 5 virus komputer paling berbahaya yang pernaha ada

SQL Slammer / Sapphire
Pada akhir Januari 2003, virus web server yang baru tersebar di Internet. Banyak jaringan komputer tidak siap menghadapi serangan itu, dan sebagai hasilnya virus tersebut merusak beberapa sistem penting. Bank of Amerika layanan ATM mengalami gangguan, kota Seattle mengalami gangguan di layanan 911 dan Continental Airlines terpaksa membatalkan beberapa penerbangan karena mengalami gangguan pada tiket elektronik dan check-in.

Penyebabnya adalah virus SQL Slammer, yang juga dikenal sebagai Sapphire. Menurut perkiraan, virus ini menyebabkan kergian lebih dari $ 1 milyar sebelum ditemukannya antivirus untuk melawan virus ini. Kemajuan serangan Slammer yang didokumentasikan dengan baik. Hanya beberapa menit setelah menginfeksi server Internet pertama, virus Slammer telah menggandakan jumlah korban setiap beberapa detik. Lima belas menit setelah serangan pertama, virus Slammer menginfeksi hampir setengah dari server yang berfungsi sebagai pilar Internet.
 
MyDoom
Virus MyDoom (atau Novarg) merupakan worm yang dapat membuat backdoor dalam sistem operasi komputer korban. Terdapat dua kali serangan dari virus ini. Yang perta pada dimulai pada 1 Februari 2004 dimulai dengan penolakan layanan (DoS). Serangan kedua, perintah terhadap virus untuk menghentikan distribusi dirinya sendiri yang terjadi pada 12 Februari 2004.  Bahkan setelah virus ini berhenti menyebar, backdoors yang diciptakan selama infeksi awal tetap aktif.

Seperti virus lainnya, MyDoom mencari komputer korban menggunakan e-mail sebagai bagian dari proses replikasi. Dan juga akan mengirim permintaan pencarian kepada mesin pencari dan menggunakan e-mail yang ditemukan dalam hasil pencarian. Akhirnya, mesin pencari seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dari komputer yang telah terinfeksi. Serangan tersebut mengakibatkan melambatnya layanan mesin pencari dan bahkan menyebabkan beberapa crash.

Malevolent Melissa
Virus Melissa membanjiri jaringan perusahaan dengan e-mail pada Maret 1999. Melalui Microsoft Outlook, bila pengguna membuka pesan e-mail yang berisi Word attachment yang terinfeksi, virus itu akan dikirim ke 50 nama pertama dalam buku alamat pengguna. Begitu banyak lalu lintas e-mail yang dihasilkan dengan sangat cepat, sehingga perusahaan seperti Intel dan Microsoft harus mematikan server e-mail mereka. Virus Melissa adalah virus pertama yang mampu melompat dari satu komputer ke komputer lain dengan sendiri.
 
(Expletive Deleted) Explorer 
worm Explorer.zip ini muncul di musim panas 1999, mengikuti jejak dari Melissa. Worm ini menghapus file Word, Excel, dan PowerPoint dan secara acak diubah menjadi jenis file lainnya. Seperti virus Melissa, virus Explorer berpindah/menyebar melalui e-mail yang tampak dari seseorang yang dikenal. Pesan tersebut mencakup file yang jika diaktifkan, menunjukkan pesan error palsu kepada pengguna. Tidak seperti Melissa, virus ini tidak menggunakan Outlook untuk mengumpulkan alamat e-mail. Sebaliknya, virus ini melihat inbox dari komputer yang terinfeksi dan kemudian mengirim balasan otomatis ke pengirim, menggunakan subyek e-mail yang sama dengan pesan asli.

Surreptitious Sircam
Sircam muncul pada bulan Juli 2001. Worm ini muncul dalam inbox e-mail dengan berisian lampiran. Isi pesan tersebut menggunakan bahasa inggris dan spanyol seperti "Hi! How are you?" dan "Hola como estas?". Jika Anda membuka lampiran tersebut, maka sicram akan terinstal dengan sendirinya di komputer Anda, dan langsung menyerang dan menginfeksi komputer Anda, yang dapat menghapus berbagai file, serta mengisi hard drive Anda dengan file-file sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar