Secara garis besar, pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Tapi apa sebenarnya pasar itu?
- Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli (bazar … tradisional)
-Ada interaksi antara pembeli dan penjual (tanpa tatap muka, via telepon, faksimili, dan sebagainya)
-Transaksi berakhir ada kesepakatan harga antara penjual dan pembeli
Tujuan dari dilakukannya analisa pasar adalah untuk mengetahui karakteristik pasar, konsumen, perusahaan pesaing, pangsa pasar dan pertumbuah pasar. Sehingga jika semua hal tersebut sudah diketahui nantinya perusahaan tidak akan salah dalam merancang strategi memasarkan produknya dan menentukan waktu yang tepat untuk memperbesar kapasitas produksinya.
Dalam permintaan terdapat 2 jenis kurva yang berlaku :
1. Kurva Permintaan Miring Negatif
Pada harga yang tinggi pembeli tidak mampu dan mengundurkan diri sebagai pembeli. Pada harga yang lebih rendah akan lebih banyak pembeli yang mampu sehingga jumlah barang yang dibeli akan lebih banyak lagi
Peningkatan harga akan memperkecil anggaran yang tersedia untuk komoditas lainnya.
Pada harga yang tinggi orang lebih tertarik untuk membeli barang lain yang dapat dijadikan penggantinya
2. Kurva Permintaan Miring Positif
Pada harga yang rendah hanya produsen yang efisien saja yang mampu mempertahankan operasi
Pada harga yang tinggi akan lebih banyak produsen yang mempu menjalankan operasinya
Pada harga yang tinggi lebih banyak perusahaan ( produsen ) yang tertarik menjalankan bisnis
Pergesaran ( perubahan ) Pemintaan
Pola preferensi - keinginan orang atau kelompok
perubahan pendapatan - naiknya permintaan
Distribusi pendapatan - lebih homogen akan meningkatkan permintaan total
Perubahan kependudukan - Lebih banyak lebih tinggi permintaan
Perubahan pengharapan - pengharapan terhadap masa depan yang tidak pasti akan meningkatkan permintaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar