Rabu, 07 November 2012

5 Penyebab Ketombe pada Kulit Kepala Anda

penyebab ketombe
Sebenarnya banyak sekali penyebab ketombe menurut kebanyakan orang mulai dari kurangnya kebersihan, salah dalam pemakaian shampo, dan lain sebagainya. Nah berikut akan dipaparkan dan dijelaskan beberapa penyebab ketombe.
  • Tidak cukup menyisir rambut - Orang yang tidak menyisir rambut mereka secara teratur memiliki risiko yang sedikit lebih lebih tinggi mengalami ketombe.
  • Kulit kering - orang dengan kulit kering cenderung mendapatkan ketombe lebih sering. Udara yang dingin,  digabung dengan ruang terlalu panas atau sebaliknya setelah berada di ruangan yang dingin lalu ke luar di udara yang panas, dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas. Ketombe yang disebabkan oleh kulit kering cenderung berupa serpihan kecil ketombe (serpih tidak berminyak). 
  • Tidak cukup keramas - beberapa orang mengatakan bahwa jika Anda tidak cukup keramas bisa ada penumpukan minyak dan sel kulit mati, yang dapat menjadi penyebab ketombe. 
  • Seborrheic dermatitis (iritasi, kulit berminyak) - Penderita seboroik dermatitis sangat rentan terhadap ketombe. Seboroik dermatitis mempengaruhi banyak bidang kulit, termasuk bagian belakang telinga, dada, alis, dan sisi hidung, tidak hanya kulit kepala. Gejala-gejalanya biasanya pada bagian-bagian yang terkena dampaknya akan berwarna merah, kulit berminyak yang ditutupi oleh sisik berwarna putih.
  • Kondisi kulit tertentu - Penderita psoriasis, eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya cenderung lebih mudah mengalami gangguan ketombe daripada orang lain. 
  • Beberapa penyakit - Orang dewasa yang menderita penyakit Parkinson dan beberapa penyakit neurologis lainnnya lebih rentan mengalami gangguan seboroik dermatitis dan ketombe. Orang yang sedang dalam masa pemulihan dari serangan jantung dan stroke, dan beberapa orang dengan sistem kekebalan yang lemah dapat mengalami gangguan ketombe lebih sering daripada orang lain.
Demikianlah beberapa penyebab ketombe yang mungkin menjadi permasalah bagi Anda saat ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar