Selasa, 06 November 2012

Gejala Hepatitis A

Setiap penyakit yang menyerang kita, tubuh kita pasti akan menunjukkan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh suatu penyakit. Hal ini bertujuan agar kita dapat lebih cepat mengantisipasi dan mengobati penyakit yang menyerang kita sebelum bertambah parah. Sama halnya dengan berbagai macam penyakit lainnya, gejala hepatitis A juga akan muncul jika kita mulai terjangkit penyakit hepatitis A tersebut. Pada artikel kali ini akan dibahas secara terperinci gejala yang timbul di tubuh kita ketika terserang hepatitis A. Akan tetapi sebelum lebi jauh kita membahas gejala yang muncul ada baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu

1. Banyak orang dengan infeksi HAV tidak menunjukkan gejala sama sekali.
2. Kadang-kadang gejala sangat ringan sehingga tidak diperhatikan.
3. Orang tua lebih cenderung memiliki gejala dari anak-anak.
4. Orang yang tidak memiliki gejala masih bisa menyebarkan virus sehingga sulit untuk mengetahui kapan seseorang telah terkena virus.

Gejala hepatitis A biasanya mulai terlihat antara 2 hingga 6 minggu setelah infeksi. Gejala tersebut biasanya tidak terlalu parah dan akan hilang dengan sendirinya. Gejala yang paling umum adalah sebagai berikut:
1. Mual-mual
2. Muntah
3. Diare berkepanjangan, terutama pada anak
4. Tinja berwarna pucat atau abu-abu 
5. Kehiangan nafsu makan
6. Perut terasa kembung (ketika diisi makanan walaupun hanya sedikit)
7. Letih
8. Perubahan warna kuning pada kulit dan bagian putih dari mata (liihat gambar di bawah)
9. Urin berwarna kuning tua atau merah tua (seperti warna teh)
10. Pada sebagian orang kulit di seluruh bagian tubuh akan terasa gatal-gatal.

Jika muntah tersebut parah, dehidrasi dapat terjadi. Dehidrasi dapat menjadi serius dan mengancam nyawa bagi beberapa individu yang terkena, sehingga gejala dehidrasi harus cepat ditangani oleh dokter.

Gejala-gejala dehidrasi meliputi:
1. Merasa lemah atau lelah
2. Merasa bingung atau tidak mampu berkonsentrasi
3. Detak jantung Gejala-gejala dehidrasi 
4. Sakit kepala

Gejala hepatitis A biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan, meskipun gejala tersebut dapat berlangsung selama 9 bulan. Sekitar 15% orang yang terinfeksi hepatitis A memiliki gejala yang timbul selama 6-9 bulan. Maksud dari gejala yang timbul selam 2 bulan atau 6-9 bulan tersebut ialah, tubuh kita akan menunjukkan gejala hepatitis A yang telah disebutkan sebelumnya selama rentang waktu tersebut. Setelah itu gejala tersebut tidak akan muncul lagi, akan tetapi di dalam tubuh kita tetap terinfeksi oleh penyakit hepatitis A, karena penyakit ini butuh masa penyembuhan yang sangat lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar