Sabtu, 09 Juni 2012

Biasakan Melakukan Daur Ulang Sampah Anda Sendiri

Daur Ulang Sampah -  Dalam setiap hari selam bertahun-tahun, kita selalu membuang sampah, baik itu sampah rumah tangga, sampah perkantoran, dll ke TPA yang ada. Sampah-sampah tersebut dapat berupa botol kaleng, botol plastik, kertas, plastik, dll. Akan tetapi tanpa kita sadari hal tersebut memiliki kontribusi yang sangat besar dalam merusak alam. Dan sampah-sampah tersebut sebenarnya sumberdaya yang masih bisa kita gunakan tanpa harus mengeruk sumberdaya tersisa yang disediakan oleh alam.

Sementara itu pemerintahan dunia pun semakin  gencar dalam menetapkan dan mengesahkan undang-undang untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada lingkungan, dan memastikan sumberdaya yang ada tidak terbuang secara percuma. Yang intinya kita harus melakukan daur ulang terhadap seluruh sampah yang dapat didaur ulang dan lebih tegasnya lagi kita setiap individu memiliki tanggungjawab dalam melakukan Reuse, Remanufakturing dan Recycle semua sampah yang memungkinkan.

Dengan melakukan daur ulang sampah Anda sendiri, berarti Anda juga turut beperan dalam
- Menghemat sumber daya alam bumi
- Menghemat energi dan mengurangi risiko perubahan iklim
- Mengurangi beban TPA

Jika Anda tidak dapat melakukan daur ulang sampah Anda sendiri, Anda dapat mengirimnya ke pusat-pusat pengolahan (yang sayangnya di negeri Indonesia kita tercinta ini masih sangat sedikit sekali, karena anggapan masyarakat kita bahwa kita kaya akan sumberdaya alam, yang tanpa mereka sadari semuanya itu akan terus berkurang, dan apa yang akan mereka wariskan ke anak cucu mereka?). Dan pada pusat pengolahan daur ulang sampah itu nantinya, sampah-sampah tersebut akan dibedakan memnajadi berbagai tipe dan jenis.

Kaleng - kaleng diurutkan dan didaur ulang menjadi kaleng baru, lembaran logam dan bahan bangunan.
Kertas - kertas dikirim ke pabrik kertas dan didaur ulang menjadi kertas dan produk kertas lainnya (untuk cara membuat kertas daur ulang dapat Anda lihat di sini)
Botol plastik -botol plastik yang didaur ulang menjadi produk plastik baru seperti furnitur taman.
Sampah kebun - sampah kebun dibawa ke fasilitas pengomposan pusat, di mana kompos yang dihasilkan digunakan sebagai kondisioner tanah dan untuk restorasi lahan.

Banayak manfaat yang dapat Anda dapatkan dari melakukan daur ulang sampah Anda sendiri, selain turut membantu dalam pelestarian alam dan menjaga ketersediaan sumberdaya alam, Anda juga dapat menggunakan sampah hasil daur ulang tersebut sebagai baran-barang kerajinan tangan yang tentunya dapat Anda jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar