Minggu, 24 Juni 2012

Pengolahan Limbah Cair

Apa yang dimaksud dengan limbah cair itu? dan kenapa perlu adanya pengolahan limbah cair tersebut? Secara sederhana limbah cair merupakan segala jenis air hasil buangan baik itu dari rumah, industri dan dari manapun juga, yang sudah pasti akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar, dan sudah tidak dapat digunakan lagi tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu. Oleh karena itu harus ada pengolahan limbah cair terlebih dahulu sebelum dilepaskan ke lingkungan agar limbah tersebut tidak merusak lingkungan.

Jika istilah "pengolahan libah cair" membingungkan bagi Anda, Anda bisa menganggapnya sebagai "pengolahan air kotor". Pada dasarnya alam memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatasi sejumlah kecil lumbah cair dan polusi, akan tetapi alam tidak akan mampu mengatai limbah cair dengan jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu dengan adanya instalasi pengolahan limbah cair, akan dapat mengurangi polutan dalam air sehinggga alam dapat mengatasi dan menanganinya.

Mengapa pengolahan limbah cair perlu?
Pengolahan limbah cair perlu untuk merawat lingkungan kita dan untuk kesehatan kita sendiri. Ada banyak alasan bagus mengapa menjaga air tetap bersih merupakan prioritas penting:

Aspek Perikanan 
 Air bersih sangat penting untuk tumbuhan dan hewan yang hidup di air. Hal ini penting untuk industri perikanan, penggemar olahraga memancing, dan generasi mendatang.

Habitat Satwa
Sungai dan perairan laut adalah habitat penting bagi ratusan spesies ikan dan kehidupan air lainnya. Dengan rusaknya habitat tempat satwa air tersebut tinggal, akan mengakibatkan musnahnya satwa-satwa tersebut. 

Tempat Rekreasi 
Berwisata atau berekreasi ke daerah-daerah seperti pantai, danau, sungai, dll sangat menyenangkan, menjeernihkan pikiran, serta dapat menjadi tampat menemukan berbagai inspirasi. Akan tetapi, jika air-air di danau, sungai, bahkan pantai pun telah tercemar, kita tidak akan lagi dapat menikmati keindahannya.

Kepedulian Terhadap Kesehatan
Jika air tidak dibersihkan, air bisa membawa penyakit. Karena kita hidup, bekerja dan bermain begitu dekat dengan air, bakteri berbahaya harus dihilangkan dari air untuk membuat air aman.

Tujuan Utama dari Pengolahan Limbah Cair
Tujuan utama dari pengolahan limbah cair aalah untuk menghilangkan sebanyak padatan tersuspensi sebaik dan sebanyak mungkin, sebelum dibuang ke lingkungan. Karena penguraian bahan padat di air juga memerlukan oksigen, di mana oksigen tersebut juga diperlukan oleh tanaman dan hewan yang hidup di air.

Terdapat dua tahapan treatment untuk menghilangkan padatan tersuspensi, yang pertama "Primary treatment" menghilangkan sekitar 60 persen padatan tersuspensi dari limbah cair. Treatment ini juga melibatkan mengaerasi (mengaduk) air limbah, untuk menempatkan oksigen kembali masuk. Pengolahan kedua menghilangkan lebih dari 90 persen padatan tersuspensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar