Sabtu, 09 Juni 2012

Kelebihan dan Kekurangan Android Mobile

Android adalah satu set perangkat lunak untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi utama. Google membeli perangkat lunak ini dari pengembang pertamanya pada tahun 2005 lalu. Sistem operasi dari Android mobile ini berdasarkan pada Linux kernel. Google dan anggota lainnya dari Open Handset Alliance bekerja sama dalam pengembangan Android ini dan merilisnya ke pasaran. Android Open Source Project (AOSP) ini bertugas dalam pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut dari Android. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, Android tercatat sebagai platform smartphone terlaris di seluruh dunia pada Quarter ke 4 2010 lalu yang dilansir oleh Canalys (wikipedia.org). Berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan Android.

Kelebihan Android
kelebihan terbesar dari Android adalah open platform dan gratis. Jadi banyak produsen yang dapat merancang berbagai perangkat lunak yang dapat dimuat pada sistem Android. Sistem tampilan Android dapat diubah ke horizontal atau vertikal, sehingga memudahkan pengguna dalam menemukan gambaran yang memadai yang diinginkannya. Jika Anda memiliki ponsel dengan platform Android, maka Anda dapat men-download dan menginstal beberapa program gratis Android secara terus menerus yang dapat Anda unduh di Android market. Hingga April 2011 tercatat telah terdapat lebih dari 250.000 aplikasi yang tersedia di Android market, baik itu yang gratisan ataupun yang berbayar. Ponsel Android juga dapat berfungsi sebagai router untuk berbagi internet.

Kekurangan Android
Android berbasis Linux sistem, sehingga untuk memodifikasinya, pengguna harus pengguna harus mengetahui perintah pada sistem Linux, dan harus log on sebagai administrator. Tidak hanya dalam masalah instalasi, tiap-tiap merek ponsel yang berbasis Android juga memiliki cara yang berbeda-beda. Dengan kata lain, kita harus belajar lagi jika menggunakan menggunakan ponsel Android baru dengan merek yang berbeda. Bahkan untuk menunjukkan recovery mode, ponsel Android memiliki cara yang berbeda.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan Android, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar