Senin, 25 Juni 2012

Cara Memaksimalkan dan Mempercepat Koneksi Internet

Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas tentang software untuk mempercepat koneksi internet hingga sepuluh kali lipat, nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mempercepat koneksi internet tanpa menggunakan software apapun.

Berikut langkah-langkah cara mempercepat koneksi internet.
1. Periksa apakah koneksi internet cepat di tempat atau rumah Anda. Serat optik dan kabel internet cenderung lebih cepat dari DSL dan Dial-Up.
2. Lakukan beberapa perawatan dasar pada PC Anda. Jalankan Disk Defrag, scan disk, scan virus, scan malware, dan membersihkan recycle bin Anda. Hapus juga "old files" dan "temporary files". Jangan pernah membiarkan ruang kosong pada drive C: kurang dari 10% dari ukuran total. Sebuah PC yang terawat dengan baik akan beroperasi jauh lebih baik dari PC yang tidak pernah menjalani perawatan. 
3. Reset home network Anda. Sekali-sekali restart (atau mencabut dan replugging daya listrik pada) jaringan rumah atau router Anda - jika Anda memiliki - hal ini akan secara drastis meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda.
4. Periksa peralatan home network Anda. Jika Anda memiliki beberapa komputer "sharing connection", pastikan semua komputer secara fisik terhubung ke router atau switch, dan tidak hanya ke hub. 
5. Optimalkan cache atau temporary Internet files. Hal ini dapat dilakukan degan cara menghapusnya atau dengan tidak men-download file yang sama berulang-ulang, untuk mempercepat koneksi internet Anda.
6. Hubungi Internet service provider (ISP). Mereka biasanya dapat mengetahui apakah koneksi Anda lancar tanpa harus ada teknisi datang ke rumah Anda.
7. Upgrade komputer Anda. Jika komputer anda lambat, tidak peduli seberapa cepat koneksi internet Anda, semuanya hanya akan terasa lambat. Oleh karena itu jika komputer Anda tetap lambat walaupun telah dimaintanance sebaik mungkin, maka saatnya untuk meng-upgrade komputer Anda.
8. Meng-upgrade router / peralatan firewall. Secara khusus, lihat spesifikasi kecepatan (router lebih tua banyak yang tidak mampu mengirimkan data ke / dari internet lebih cepat dari 10 Mbps, meskipun local ports mengirimkan data dalam 100 Mbps). Selain itu, router yang lebih tua mungkin kurang bertenaga, sehingga meskipun kecepatan teoritis adalah 10 Mbps, prosesor pada router terlalu lemah untuk mencapai kecepatan maksimum. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang menggunakan modem, ganti modem tua Anda dengan yang baru. Karena prosesor dalam modem-modem lama tidak mamapu mentransmisikan data lebih cepat dibandingkan keluaran-keluaran terbaru.
9. Meng-upgrade firmware router Anda. Periksa situs web produsen untuk mendownload firmware untuk router anda. Bandingkan dengan versi Anda, dan upgrade jika perlu.
10. Seringkali kecepatan koneksi Anda lambat karena program lain yang Anda gunakan. Untuk menguji apakah program lain, seperti anti-virus dan update lainnya, yang mengakses internet tanpa sepengetahuan Anda, Klik Start, Klik Run. Ketik "cmd" (tanpa tanda kutip). Ketik "netstat-b 5> activity.txt". Setelah satu menit atau lebih, tahan Ctrl dan tekan C.  Hal ini akan menciptakan sebuah file dengan daftar semua program menggunakan koneksi Internet Anda. Ketik activity.txt untuk membuka file tersebut dan lihat daftar programnya.  
11. Cobalah menekan Ctrl-Alt-Delete secara bersamaan yang akan membuka Task Manager. Pilih bagian proses, lalu pilih proses-proses yang lagi berjalan yang menurut Anda tidak penting lalu klik end process. Hal ini akan meringankan kinerja komputer Anda, yang berarti dapat mempermudah komputer Anda untuk mempercepat koneksi ke internet.

Semoga tips cara mempercepat koneksi internet di atas dapat membantu Anda untuk mempercepat koneksi internet Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar