Selasa, 12 Juni 2012

Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Melakukan daur ulang sampah plastik yang sudah tidak digunakan lagi merupakan ide brilian serta menunjukkan partisipasi Anda dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Anda dapat berpartisipasi dengan cara mengirimkannya ke pusat-pusat daur ulang sampah plastik. Berikut cara daur ulang sampah plastik yang dapat Anda lakukan.

Cara Daur Ulang Sampah Plastik 
1. Langkah pertama dan yang terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah konsumsi barang-barang plastik terutama kantong-kantong plastik. Gunakan tas plastik/kantong plastik Anda semaksimal seefisien mungkin. Kalau bisa hindari penggunaannya.
2. Selanjutnya, jika Anda tetap/terpaksa harus menggunakan kantong plastik, reuse/gunakan kembali kantong plastik tersebut jika memang masih dapat digunakan jangan langsung dibuang begitu saja setelah sekalil pakai.
3. Setelah sampah plastik tersebut tidak berguna lagi, pastikan plastik-plastik tersebut bersih, kering, dan kosong sebelum didaur ulang. 
4.  Sebelum mengantarkan sampah plastik yang akan didaur ulang, pastikan Anda mengetahui jenis plastik-plastik tersebut. Karena tiap-tiap jenis plastik memiliki proses daur ulang yang berbeda, dan tiap-tiap pusat-pusat daur ulang sampah plastik tidak menerima semua jenis pastik. Ada yang hanya menerima plastik jenis PTE, PS, PP, atau PVC. Untuk mengetahui jenisnya dapat Anda lihat dari kode plastik di barang-barang plastik tersebut.
5. Setelah Anda mengetahui jenis-jenis plastiknya, dan mengetahui pusat-pusat daur ulang mana saja yang mau menerimanya, kirimkan sampah-sampah plastik tersebut ke sana untuk didaur ulang kembali.

Dengan men-daur ulang sampah plastik membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan karena
1. Mengurangi ancaman yang ditimbulkan oleh tas plastik untuk satwa liar dengan memastikan bahwa mereka berakhir di pusat daur ulang, bukan sebagai sampah.
2. Sampah plastik tersebut bisa didaur ulang menjadi produk seperti kayu komposit, kontainer, peti, dan pipa, sehingga mengurangi jumlah sumber daya minyak bumi utama untuk membuat produk tersebut.
3. Jika ditimbun, plastik membutuhkan waktu 450 hingga 1000 tahun untuk terurai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar