Jumat, 25 Mei 2012

4 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda

Cara Mempercepat Kinerja Komputer - Dengan mengikuti panduan sederhana, Anda dapat memaintenaince komputer Anda, serta membantu mempercepat kinerja komputer Anda. Artikel ini membahas bagaimana menggunakan tool-tool yang tersedia di Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP Service Pack 3 untuk membantu mempercepat kinerja komputer Anda, memaintenance komputer Anda secara efisien, dan membantu menjaga privasi Anda ketika Anda sedang online.

Catatan: Beberapa tools yang disebutkan dalam artikel ini mengharuskan Anda untuk login sebagai administrator. Jika Anda tidak login sebagai administrator, Anda hanya dapat mengubah pengaturan yang berlaku untuk account pengguna Anda.

Berikut 4 cara mempercepat kinerja komputer Anda dengan menggunakan tool-tool yang telah disediakan oleh microsoft.

1. Hapus spyware, dan membantu melindungi komputer Anda dari virus
Spyware mengumpulkan informasi pribadi tanpa memberitahu tahu Anda dan tanpa meminta izin kepada Anda terlebih dahulu. Dari situs web yang Anda kunjungi yang membutuhan username dan password, spyware dapat mengambil informasi rahasia Anda. Selain masalah privasi, spyware dapat menghambat kinerja komputer Anda. Untuk memerangi spyware, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan PC safety scan dari Windows Live OneCare. Layanan ini adalah layanan gratis yang membantu memeriksa dan menghapus virus.

Download Microsoft Security Essentials gratis untuk membantu menjaga komputer Anda dari virus, spyware, adware, dan software berbahaya lainnya (juga dikenal sebagai malware). Microsoft Security Essentials bertindak sebagai alat spyware removal dan juga terdapat update otomatis untuk membantu menjaga PC anda dilindungi dari ancaman yang muncul.
 
2. Free up disk space
Tools Disk Cleanup dapat membantu Anda untuk "membersihkan hard disk Anda dari sampah-sampah" guna meningkatkan kinerja komputer Anda. Tools ini mengidentifikasi file yang dapat dihapus dengan aman dan kemudian memungkinkan Anda untuk memilih apakah Anda ingin menghapus beberapa atau semua file terdentifikasi. Untuk menemukannya cari saja di menu start -> all programs -> system tools -> Disk Cleanup

3.  Percepat akses ke data Anda
Fragmentasi disk memperlambat kinerja keseluruhan sistem komputer Anda. Ketika file terfragmentasi, komputer harus mencari data di hard disk lebih lama, sehingga response time secara signifikan dapat lebih lama. Jadi secara logikanya file-file serta folder-folder di komputer Anda tidak tersusun dengan rapi, dan terdapat ruang-ruang kosong yang seharusnya diisi oleh file atau folder, sehinga membuat sistem meloncatinya terlebih dahulu untuk mencari file atau folder berikutnya. Dan hal inilah yang menjadikan kinerja komputer menjadi lebih lambat.

Disk Defragmenter (kadang-kadang disingkat menjadi Defrag oleh pengguna) adalah utilitas Windows yang mengkonsolidasikan file dan folder yang terfragmentasi  pada hard disk komputer Anda sehingga setiap file dan folder  menempati tiap ruang pada disk. 

Untuk Disk Defragmenter ini cari saja di menu start -> all programs -> system tools -> Disk Defragmenter

4. Deteksi dan memperbaiki disk error 
Selain menjalankan Disk Cleanup dan Disk Defragmenter untuk mempercopat kinerja komputer Anda, Anda dapat memeriksa integritas file yang tersimpan pada hard disk dengan menjalankan Error Checking utility.  

Seperti Ketika Anda menggunakan hard drive anda, hal ini dapat mengembangkan bad sector. Bad sector memperlambat kinerja hard disk dan kadang-kadang membuat data tertulis (seperti menyimpan file) sulit atau bahkan mustahil. Error Checking utility melakuan scanning terhadap hard drive untuk bad sector dan scan untuk kesalahan file error untuk melihat apakah file atau folder tertentu  ada yang salah tempat. 

Jika Anda menggunakan komputer Anda sehari-hari, anda harus menjalankan utilitas ini seminggu sekali untuk membantu mencegah hilangnya data.

cara menjalankannya:
1. tutup semua file yang terbuka
2. Click Start, dan kemudian click Computer
3. Pada jendela Komputer (My Computer pada Windows XP), klik kanan harddisk Anda jika ingin mencari bad sector, dan kemudian klik Properties.
4. Pada Properties dialog box, klik Tools tab.  
5. Click tombol Check Now.
6. Pada Check Disk dialog box (disebut Error-checking pada Windows 7), pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors pada check box. Kemudian klik start.
7.   Jika bad sector ditemukan, pilih fix them.

Dan masih banyak lagi cara mempercepat kinerja komputer, apalagi sekarang telah banyak software-software yang tersedia di internet sana yang dapat Anda unduh dengan mudah dan Anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer Anda.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar