Rabu, 09 Mei 2012

Fungsi Otak Menurun Pada Umur 27

Setelah menelusuri lebih dari 2.000 orang dewasa sehat yang berusia antara 18 dan 60 tahun, Profesor Timothy Salthouse dari Universitas Virginia mendapati fungsi mental tertentu termasuk ukuran pemikiran abstrak, kecepatan mental dan penyelesaian masalah, mulai tumpul saat seseorang berusia 27 tahun.

Sementara itu, celah di dalam ingatan biasanya mulai nyata saat usia seseorang mencapai 37 tahun. Sebaliknya, petunjuk mengenai pengetahuan yang dikumpulkan seseorang seperti penampilan saat ujicoba kosa kata dan pengetahuan umum tetap meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Studi tersebut mencakup orang dewasa yang sehat dan terdidik yang mengikuti pemeriksaan ingatan standar, pemahaman dan persepsi awal, dan pada tahap tertentu selama tujuh tahun berikutnya.
 
Mari Tidurkan Otak Untuk Sementara

Penelitian NASA menunjukkan 'Siesta' atau tidur siang ini bisa meningkatkan fungsi memori di otak. Bahkan Transport Accident Commisision alias Komisi Penanggulangan Kecelakaan Transportasi di Australia merekomendasikan tidur siang ini untuk mengurangi kemungkinan otak error yang bisa membuat terjadinya kecelakaan di jalan. Setelah tidur siang, seseorang akan merasa seperti menemukan lagi sesuatu yang hilang atau melihat segala sesuatu dengan sudut pandang berbeda, lebih fresh.

Bagi yang tak memiliki waktu yang cukup berharga untuk tidur siang (karena harus kerja dikejar deadline) mengistirahatkan otak sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Caranya, cobalah melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang belum pernah dicoba. Logikanya begini, saat masih kecil dulu, begitu simple untuk merasa nyaman dan bahagia, jadi meyakinkan diri sendiri untuk menjadi lebih simple dan fresh adalah sesuatu yang bisa dengan mudah dilakukan oleh manusia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar