Sabtu, 12 Mei 2012

Cara Mengatasi Diabetes

Cara Mengatasi Diabetes. Diabetes, jika tidak diobati dan dikontrol, dapat mempengaruhi organ-organ vital tubuh kita seperti ginjal, mata, dan pembuluh darah besar lainnya serta saraf. Dua fungsi yang paling penting yang dilakukan oleh ginjal kita adalah untuk membersihkan kotoran dari darah dan mengatur tekanan darah. Ginjal adalah organ penyaringan vital dalam tubuh kita. Tanpa ginjal, tubuh kita sangat rentan terhadap infeksi, racun, dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh lainnya. 

Perawatan fisik dan psikologis penting untuk dilakukan dalam cara mengatasi diabetes. Untuk mengatasi diabetes biasanya dapat dimulai dari perubahan gaya hidup, berarti melakukan perubahan pada gaya hidup sehat seperti diet sehat, olahraga yang  teratur dan istirahat dengan baik. 

Tujuan merubah pola hidup menjadi ke pola hidup sehat adalah untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Tingginya kadar glukosa darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Masalah-masalah tersebut seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, kerusakan saraf, penyakit mata, dll.

Jika para penderita diabetes memiliki kadar glukosa darah melebihi batas normal, ia harus segera menjalani pengobatan. Jenis pengobatan akan tergantung pada jenis diabetes dan kondisi kesehatan. Untuk diabetes tipe 1, jenis obat utama yang dibutuhkan adalah insulin karena tubuh tidak lagi memproduksinya. Diabetes tipe 2 adalah bentuk paling umum dari penyakit diabetes, biasanya merupakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan insulin sebagaimana mestinya (suatu kondisi yang disebut resistensi insulin). Obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2 biasanya dalam bentuk pil diabetes.
 
Aspek lain yang tak kalah pentingnya dalam mengatasi diabetes adalah aspek psikologis. Seperti kita ketahui, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita yang pada akhirnya mengurangi kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, metode apapun yang dapat membantu mengurangi stres menjadi penting dalam mengatasi diabetes.

Penderita diabetes tentu dapat hidup secara normal. Tapi mereka harus memiliki rencana jangka panjang demi tetap menjaga kesehatannya, seperti perubahan gaya hidup dan menempatkan sesuatu dalam perspektif yang lebih baik. Jika Anda adalah tipe orang yang sangat rentan terhadap stres (masalah psikologis), Anda perlu belajar bagaimana untuk bersantai dan meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif yang positif.

Anda harus menyadari bahwa kecemasan dan ketakutan Anda lebih kecil dibandingkan dengan orang lain yang mungkin dalam kondisi yang lebih buruk daripada Anda. Cara mengatasi diabetes mungkin tidak mudah, tapi dengan perspektif positif dalam hidup dan disiplin tertentu, Anda dapat mengatasinya dan hidup dengan normal.

Ingat bahwa pemantauan yang cermat terhadap kadar glukosa darah secara rutin adalah hal yang paling dasar dan penting dalam mengendalikan diabetes. Jaga Kondisi tubuh dan kesehatan Anda baik itu dengan diet, olahraga, dan (jika perlu) obat. Jadikan gaya hidup sehat menjadi prioritas Anda dan bagian dari rutinitas harian Anda. Ingat bahwa diabetes merupakan penyakit yang dapat disembuhkan. Tidak ada yang perlu menyerah terhadap penyakit diabetes, penderita diabetes tetap dapat hidup normal

Baca Juga 5 Obar Alami Diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar