Selasa, 15 Mei 2012

Cara Mempersiapkan Rencana dan Program Pemasaran yang Terpadu

Dalam mempersiapkan rencana dan program pemasaran terpadu, terdapat beberapa hal dan poin-poin penting yang harus dilakukan, di antaranya adalah:

1. Membangun Hubungan dengan Pelanggan
Agar rencana dan program pemasaran dapat dilakukan dengan baik, hubungan yang baik dengan para pelanggan perlu untuk dibangun. Agar para pelanggan tetap tertarik dengan produk-produk yang kita tawarkan. Dengan kata lain dengan membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan akan berdampak dnga semakin meningginya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kita. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan, diantaranya yaitu:
1. Customer Relationship Management (CRM)
Customer Relationship Management CRM merupakan keseluruhan proses pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan dengan memberikan nilai yang unggul dan kepuasan kepada pelanggan .
2. Partner relationship management 
Partner relationship management  adalah melibatkan kerja sama dengan mitra di dalam perusahaan (departemen lain di dalam perusahaan) dan di luar perusahaan (perusahaan rekanan) untuk bersama-sama membawa nilai lebih besar kepada pelanggan. Mitra di dalam perusahaan adalah setiap area fungsi berinteraksi dengan pelanggan baik itu secara elektronik maupun tim lintas fungsional. Sedangkan mitra luar perusahaan adalah bagaimana pemasar terhubung dengan pemasok, mitra distribusi, dan pesaing dengan mengembangkan kemitraan.

2. Menangkap Nilai Pelanggan
Dalam menangkap nilai pelanggan, dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu diantaranya :
1. Menciptakan Loyalitas dari Pelanggan
2. Mengemembangkan Pangsa pasar dari pelanggan
3. Building Customer Equity 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar