Minggu, 13 Mei 2012

Cara Merancang Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan

Cara Merancang Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan

Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih sasaran pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan mereka termasuk di dalamnya, Apa yang keinginan pelanggan yang akan kita layani? Bagaimana kita memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan?

Dalama merancang strategi pemasaran berbasis pelanggan yang terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian :

1. Memilih pelanggan yang akan dilayani
Dalam memilih pelanggan, harus diperhatikan 3 aspek berikut dalam menentukan pelanggan yang akan dijadikan terget pelayanan
-  Market segmentation  
Mengacu pada membagi pasar menjadi segmen-segmen pelanggan
-  Target marketing 
Mengacu pada segmen mana yang menjadi perhatian khusus
-  Demarketing  
Adalah pemasaran untuk mengurangi permintaan untuk sementara atau permanen; tujuannya adalah tidak untuk menghancurkan permintaan tetapi untuk mengurangi atau mengubahnya

2. Choosing a Value Proposition
Value Proposition adalah serangkaian manfaat atau nilai-nilai perusahaan menjanjikan untuk memberikan kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka 

3.  Marketing Management Orientations
Dalam merancang strategi pemasaran, perusahaan harus menentukan "Marketing Management Orientations" mereka, yaitu diantaranya :
-  Production Concept
Produciont Concept adalah gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia atau sangat terjangkau.
-  Product concept  
Product concept adalah gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas terbaik. Oleh karena itu perusahaan harus berusaha untuk melakukan perbaikan produk yang berkelanjutan.
- Selling concept
Selling concept adalah pandangan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk perusahaan kecuali perusahaan melakukan sebuah penjualan dan usaha promosi skala besar.
- Marketing concept
Marketing concept adalah pemikiran bahwa tercapainya tujuan perusahaan tergantung pada perusahaan mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar yang menjadi sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik dari yang dilakukan pesaing
-  Societal marketing
Societal marketing adalah pemikiran bahwa perusahaan harus membuat keputusan pemasaran yang baik dengan mempertimbangkan keinginan konsumen, kebutuhan perusahaan, kepentingan jangka panjang konsumen, dan kepentingan jangka panjang masyarakat

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali artikelnya...

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-limpa-bengkak/

    BalasHapus