Rabu, 09 Mei 2012

Keuntungan dari Pengobatan Tradisional

Keuntungan Pengobatan Tradisional. Pengobatan tradisional merupakan pengobatan yang kini makin diminati, terlebih lagi dengan kesadaran untuk kembali ke alam, bahkan dengan perkembangan yang kini ada makin mendapat perhatian bagi altematif pelayanan kesehatan. Sesuai dengan tujuan pembangunan masyarakat, pengobatan tradisional dengan tanaman obat diharapkan dapat dimanfaatkan dalam pembangunan kesehatan masyarakat, membantu pemerintah dan ikut aktif dalam pemberian penyuluhan serta memotivasi.

Dari berbagai penelitian, banyak sekali keuntungan pengobatan tradisional yang memang telah diakui keberadaannya oleh masyarakat. Dengan demikian meningkatkan pemanfaatan tanaman bagi kesehatan telah menciptakan kondisi yang mendorong pengembangan pengobatan tradisional. Upaya meningkatkan mutu pengobatan tradisional mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi. 

Pengobatan tradisional dengan tanaman obat perlu dipelihara dan dikembangkan sebagai warisan budaya bangsa yang terbukti efektif, efisien, aman dan ekonomis. Dengan bukti-bukti yang ada menunjukan bahwa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuant masyarakat tidak begitu saja menghilangkan peran dan khasiat tanaman yang telah lama dimanfaatkan bagi kesehatan.

Meningkatkan pemanfaatan obat tradisional mendorong upaya pengembangannya. Hal ini tidak hanya dilakukan di negara Timur tetapi juga di negara barat, termasuk didalamnya upaya pengembangan dengan pemanfaatan IPTEK sebagaimana dilakukan di Degen Tiongkok. Akan tetapi, pernanfaatan IPTEK ini tidak
mengubah ketradisionalan obat tardisional menjadi obat modem dengan harga mahal sehingga tidak terjangkau masyarakat luas. Oleh karenai tu, harus ditekankan agar modemisasi obat tradisional tidak mengesampingkan faktor kepentingan masyarakat dan tetap berkhasiat tinggi.

Menumbuhkan tradisi hidup sehat merupakan suatu hal yang sangat terpuji dan berdampak positif bagi segala dimensi kehidupan. Hal ini tidak lain adalah ditujukan bagi usaha menyehatan dan mensejahterakan masyarakat. Data-data menunjukan bahwa banyak sekali keuntungan pengobatan tradisional dengan banyaknya tanaman berkhasiat obat berperan dalam menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit yang terapat di lingkungan sekitar kita. 

Copyright arvie13.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar