Minggu, 06 Mei 2012

5 Pengaman Saat Browsing

Pada dasarnya tidak ada sistem yang benar-benar aman di dunia ini, akan tetapi kalau Anda ingin lebih tenang ber-internet tidak ada salahnya Anda memperhatikan pengaman saat browsing berikut ini.

Ancaman keamanan selalu mengintai semua pengguna Internet, tidak terkecuali para pengguna sistem operasi Linux. Celah keamanan hampir ditemukan setiap harinya dan bisa menjadi celah bagi para pentarang untuk menyerang korbannya.

Kegiatan browsing merrpakan salah satu bentuk aktivitas yang paling sering dilakukan ketika seseorang terhubung ke internet. Cukup berbekal browser, kita bisa mencari berbagai macam bantun situs jejaring sosial, menonton video secara streaming dan berbagai kegiatan lainnya.

Berikut 5 pengaman saat browsing  

1. Gunakan browser yang mendukung safe browsing
Safe browsing adalah layanan yang dikembangkan oleh google. Layanan ini memungkinkan browser untuk mememriksa setiap URL yang diakses pengguna untuk memastikan ia tidak mengakses situs yang mengandung malware. Karena pertumbuhan situs malware di internet sengatlah cepat, setiap harinya google meng-update daftar URL ini.

Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah produk browser yang sudah mengadopsi konsep safe browsing. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang teknologi ini, silahkan kunjungi halaman safe browsing milik google di sini

2. Blokir Pop-up
Untuk menarik perhatian para penggunanya, kebanyakan situs menggunakan pop-up, yang juga akan memancing pengguna ke situs yang sudah disusupi kode-kode malware. Pop-up juga banyak digunakan sebagai media iklan. Untuk mengurangi dampak dari pop-up serta iklan yang tidak kita perlukan, Anda bisa menggunakan extension yang tersedia pada firefox dan chrome, yaitu AdBlock Plus. AdBlock plus bisa Anda peroleh di sini

3. Gunakan Privacy Browsing dan Incognito
Jika sering berkunjung ke tempat-tempat publik untuk mengakses internet, Anda disarankan untuk menggunakan fitur Privacy Browsing pada firefox dan Incognito pada chrome. Fitur ini mamungkinkan Anda mengakses halaman web tanpa meninggalkan jejak digital yang biasanya tersimpan pada browser. Dengan mode ini, seluruh rekaman aktivitas Anda (termasuk cookies) akan terhapus dari browser ketika browser ditutup dan dikembalikan ke mode normal.

4. Pasang Extension WOT pada Firefox
WOT adalah sebuah aplikasi yang diintegrasikan dengan browser firefox yang mampu menganalisis dan memberikan peringatan kepada penggunanya apabila ia mengunjungi situs yang dirasa berbahaya. Apliakasi ini menggunakan bantuan dari komunitas untuk mengupdate daftar situs yang dirasa berbahaya. Silahkan unduh extension ini melalui link berikut ini

5. Selalu update apliakasi browser beserta setiap plug-in dan extension
Malas mengupdate aplikasi browser beserta semua pug-in dan extension-nya adalah satu alasan yang paling sering kita jumpai ketika berhadapan dengan pengguna. Mereka sering kali berpikir bahwa selama aplikasi bisa dipakai, update tidaklah perlu dilakukan. Beruntung saat ini beberapa produk broser sudah menyediakan fitur auto update yang memungkinkan perubahan terbaru otomatis diunduh tanpa harus mengganggu aktivitas pengguna. Perubahan akan diterapkan pada saat browser ditutup dan dibuka kembali.

Semoga 5 pengaman saat browsing di atas dapat bermanfaat bagi anda saat melakukan browsing di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar