Kamis, 31 Mei 2012

Penyebab Kebakaran Hutan

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran hutan, baik itu yang disebabkan oleh alam sendiri, atau yang disebabkan oleh manusia. Seperti akibat sambaran petir yang membakar pepohonan, suhu tinggi dan kelembaban yang rendah sehingga mudah sekali untuk menimbulkan api.

Akan tetapi ulah manusialah yang menjadi penyebab kebakaran hutan yang paling utama. Penggunaan api unggun yang tidak dimatikan secara sempurna lalu ditinggalkan begitu saja, sehingga dapat membakar daerah di sekitar bekas api unggun tersebut, dan jika api terus membesar, maka akan semakin luas area yang terbakar. putung rokok yang dibuang sembarang pun dapat menyebabkan kebakaran hutan, terutama saat suhu tinggi dan banyak dedaunan kering yang mudah terbakar. Apalagi pembakaran beberapa area hutan untuk pembukaan lahan baru, apabila tidak mampu mengontrol besarnya api, maka akan semakin luas area yang terbakar. Dan masih banyak lagi penyebab kebakaran hutan lainnya yang disebabkan oleh manusia.

Setelah hutan mulai terbakar, banyak sekali faktor yang menyebabkan kebakaran tersebut bertambah luas. Diantaranya :

1. Bahan bakar - seperti daun-daun, ranting pohon, rumput, dan kayu.
2. Cuaca, termasuk suhu, kelembaban, curah hujan dan angin. 
3. Topografi, atau lanskap daerah, seperti lereng curam memiliki potensi yang yang lebih besar bagi peningkatan intensitas kebakaran dan lebih banyak hambatan untuk penanggulangan kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar