Rabu, 11 April 2012

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Indonesia

Ppada postingan kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog Indonesia. Karena menurut saya tidak semua blogger Indonesia yang mencoba peruntungan di dunia maya ini ahli dalam bahasanya bule :D, dan saya yakin sebagian besar dari sobat yang tidak begitu ahli dalam bahasanya bule lebih memilih mengembangkan blog berbahasa Indonesia, ya termasuk juga saya.

Memang sih kalau secara keuntungan yang bisa didapatkan, penghasilan dari blog berbahasa Indonesia lebih kecil dibandingkan dengan blog yang menggunaka bahasa bule. Tapi hal tersebut jangan sampai membuat kita berkecil hati dan malah jadi patah semangat untuk menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia yang kita miliki. Karena meurut saya memang perkembangan internet di Indonesia masih jauh tertinggal jauh dari negara-negara lain di luar sana makanya pasarnya kalah jauh.

Ya daripada terlalu mengharapkan uang dari blog-blog berbahasa bule yang bahasanya tidak terlalu kita mengerti, yang ujung-ujungnya artikelya cuma hasil rewrite saja, mending ngembangin blog dengan menggunakan bahasa ibu kita sendiri. 

Sekian dulu basa-basinya :D, nah langsung saja masuk ke pokok pembahasannya, menurut pendapat  saya sih ada beberapa cara menghasilkan uang dari blog Indonesia, diantaranya

1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Lokal
Saya yakin sobat sudah mengerti apa itu PPC, nah saat ini menurut saya ada beberapa PPC lokal yang lumayan bagus untuk dijadikan sumber penghasilan untuk blog berbahasa Indonesia, diantaranya yaitu :
KlikSaya.com, KumpulBlogger.com, sittizen.sitti.co.id, dan idblognetwork.com.
2. Menampilkan Iklan CPM  
Dengan menampilkan iklan CPM di blog sobat, sobat akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah impresi iklan yang dilihat oleh pengunjung Anda (bukan berdasarkan klik pengunjung). Semakin banyak pengunjung blog sobat, tentu semakin besar pula impresi iklan yang sobat dapatkan. Beberapa dari program tersebut yang pesyaratannya tidak terlalu ribet yaitu adbrite.com, tribalfusion.com (syaratnya blog sobat harus memiliki tld).

3. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini sobat diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu dan akan mendapatkan komisi atas review yang sobat tulis di blog sobat. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, reviewmu.com,
adreviewcamp
) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review.

4. Menjual Text Link Ads
Dengan menjual link, yang sobat lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog sobat. Semakin tinggi
Alexa, dan PR blog sobat, semakin mahal harga link yang bisa obat tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa sobat ikuti, diantaranya linkworth.com, backlinks.com, text-link-ads.com, ask2link.com, dan infolinks.com


5. Menjual Iklan Mandiri
Sobat juga bisa mencoba menjual iklan mandiri, maksudnya sobat bisa menawarkan slot di blog sobat untuk dipasangi iklan oleh orang lain yang tertarik memasang iklan di blog sobat. Jika kunjungna ke blog sobat cukup banyak bukan tidak mungkin ada orang yang tertarik memasang iklan di blog sobat. Apalagi kalau ada pengiklan besar yang mau memasang iklan di bog sobat (bisa pasang tarif yg gede tuh :D)

6. Menjual Jasa Keahlian Sobat
Jika sobat punya keahlian tertentu, seperti jago dalam hal design web, design grafis, photografi, dll. Sobat bisa menawarkannya melalui bog sobat. Kan mungkin saja dari pengunjung blog sobat ada yang tertarik untuk menggunakan jasa sobat. Ya hitung-hitung meminimalisir biaya promosi.

7. Menjual Produk Fisik
Jika sobat punya usaha offline, misalnya jualan aksesoris hp, aksesoris komputer, atau jual beli laptop bekas, dll, tidak ada salahnya sobat juga tawarkan lewat blog sobat. Bagi sobat yang sudah memiliki toko online, jug tidak ada salahnya menyedot pengunjung dari blog sobat, sobat bisa bikin review tentang produk yang sobat jual, trus kasih link ke menuju ke toko online sobat.



Update :
Karena sekarang iklan AdSense telah bisa dipasang di blog berbahasa Indonesia, maka iklan Adsense bisa dijadikan salah satu pilihan utama dalam cara menghasilkan uang dari blog indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar