Selasa, 17 April 2012

8 Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Online

bisnis online
Mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis online lebih unggul dibandingkan bisnis konvensional (bisnis offline)? Sebenarnya, baik bisnis online ataupun bisnis offline tetap membutuhkan kerja keras sama, tetap membutuhkan perjuangan dan memberikan tantangan yang sama. Hanya saja terdapat beberapa kelebihan dan keuntungan bisnis online yang tidak dimiliki oleh bisnis konvensional pada umumnya.



Berikut terdapat 8 kelebihan dan keuntungan bisnis online yang banyak membuat orang menjadi tertarik untuk menggelutinya :

1. Jam Kerja yang Tidak Terikat
Berbeda dengan bisnis konvensional yang biasanya memiliki jam kerja yang pasti dan lama waktu kerja yang juga pasti, maka bisnis oline memiliki tingkat keleluasaan yang sangat bebas dalam hal jam kerja ini. Dengan bisnis online, maka sobat bisa menentukan sendiri jam kerja sobat, mau siang, malam, pagi atau sore.

2. Tempat Kerja yang Flexibel
Coba bayangkan sobat membuka sebuah toko di suatu tempat, atau sobat mengelola suatu kios di sebuah kawasan tertentu. Sekali sobat membuka sebuah toko atau kios, maka selamanya sobat harus bekerja di tempat itu, sampai setidaknya waktu kontraknya habis atau sampai anda memutuskan untuk berpindah tempat binis. Hal semacam itu tidak terjadi ketika sobat mengelola bisnis online. Di bisnis online, sobat bebas mengerjakan pekerjaan sobat dimanapun juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sobat, pokoknya selama sobat dapat terhubung dengan internet. Jadi dengan bisnis online, sobat tetap dapat melakukan pekerjaan sobat, meskipun sobat sedang asyik bercengkrama dangan keluarga, ketika sedang berlibur, ataupun ketika sobat sedang berbaring-baring di tempat tidur.

3. Modal dan Biaya yang Relatif Ringan
Ketika sobat ingin memulai suatu usaha bisnis di internet, maka sobat tidak akan terlalu membutuhkan biaya yang relatif besar untuk modal ataupunn untuk biaya operasionalnya. Yang sobat perlukan untk membuka bisni di internet hanyalah nama domain dan webhosting untuk situs web sobat nantinya. Kemudian untuk keperluan operasional bisnisnya, sobat hanya membutuhkan koneksi dengan internet. Tidak perlu beberapa pelayan, tidak ada ongkos pemeliharaan gedung dan lain-lain.

4. Tidak Memerlukan Kantor Khusus
Dalam menjalankan bisnis online sobat tidak membutuhkan ruang kantor khusus, meskipun ada kalanya sobat harus mencantumkan alamat rumah atau domisili sobat secara jelas. Tetapi yang jelas sobat tidak memerlukan ruang kantor untuk mengoprasikan bisnis sobat, karena sobat dapat menjalankan pekerjaan sobat di manapun saja.

5. Tidak Perlu Stres dalam Perjalanan
Ketika sobat berbisnis di internet dan menghasilkan uang dari internet, maka sobat tidak perlu terjebak dalam kemacetan di jalanan yang membuat stres. Sobat tidak perlu keluar kemanapun itu untuk dapat bekerja. Selama sobat dapat terhubung dengan interet, maka sobat sudah dapat bekerja, tanpa terkendala kemacetan yang membuat stres.

6. Bisa Membuka Beberapa Bisnis Sekaligus
Dalama menjalankan bisnis online, sobat bebas menjalankan beberapa jenis usaha sekaligus. Selain itu biaya untuk membuka usaha-usaha tersebut sekaligus jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka beberapa usaha konvensional. Hanya saja, yang perlu diingat adalah selama sobat masih belum maksimal mengurusi satu usaha bisnis di internet, maka sebaiknya fokus dulu intuk mengurusi satu bisnis terlebih dahulu. Baru setelah satu bisnis yang sobat kelola sudah dapat berjalan dengan baik dan memiliki tingkat penghasilan yang cukup, maka sobat bisa mulai memikirkan untuk mengelola bisnis online lainnya.

7. Kemungkinan Pasar yang Makin Luas
Pada saat ini, jumlah pengguna internet semakin banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Begitupula pengguna internet pada satu tahun mendatang juga akan semakin banyak bertambah, dan akan semakin banyak bertambah pada tahun-tahun berikutnya. Kenyataan ini tentu saja berhubungan erat dengan kemungkinan makin luasnya pasar yang dapat dijangkau di internet. Ketika makin banyak orang yang terhubung dengan internet, itu artinya semakin banyak dan semakin besar pula kemungkinan pasarnya.

8. Dapat Mendekatkan Kita dengan Keluaga
Dengan menjalankan bisnis di internet, maka sobat akan tetap dapat akrab dan dekat dengan keluarga. Karena sobat dapat mengerjakan pekerjaan sobat di rumah, karena yang sobat butuhkan hanyalah koneksi internet. Sehingga sobat dapat tetap berinteraksi dengan keluarga setiap saat.

Sekian dulu 8 kelebihan dan keuntungan bisnis online, semoga dapat terus memotifasi diri kita untuk terus berkarya di internet. Baca juga Perbedaan Bisnis Online dengan Bisnis Offline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar