Jumat, 27 April 2012

Proses Daur Ulang Air Conditioner (AC)

Proses Daur UlangAir Conditioner (AC). Dalam proses daur ulang pada AC sendiri dilakukan untuk ke 2 komponen utamanya, yaitu outdoor unit dan indoor unit. Berikut proses daur ulang pada AC 

1.      Proses daur ulang AC (indoor unit) 
a.       Pertama-pertama proses yang dilakukan adalah proses disassembly. Di mana produk tersebut akan dipotong-potong menjadi beberapa beberapa bagian, sesuai dengan jenis-jenis materialnya.
b.      Untuk komponen casing nya dipotong menjadi 3 type atau bentuk, L shape type, U shape type, dan flat shape type. Kenudian komponen-komponen ini akan menjalani proses heat exchanger process. Dalam suatu heat exchanger, ada aliran dingin dan arus panas yang bertujuan untu mensterilkan komponen casing yang nantinya akan digunakan lagi dalam memproduksi AC.
c.       Sedangkan utuk komponen-komponen yang terbuat dari bahan-bahan alumunium, besi, dan tembaga, akan dilakakan proses pemipihan dan penghncuran. Proses pemipihan akan dilakukan di rolling machine dan proses penghancuran akan dilakukan di shredding machine. Akan tetapi sebelum melewati proses pemipihan da penghancuran, komponen-komponen
d.      tersebut akan dibersihkan terlebih dahulu di air keras atau di dalam air yang bersuhu tinggi, untu membersihkan dan mensterilannya.
e.       Di dalam rolling machine pertama-tama komponen-komponen tersebut dipipihkan untuk memudahkan proses poses penghancurannya. Kemudian setelah dipipihkan, akan dilakukan proses penghancuran hingga menjadi bentuk kepingan-kepingan yang kecil.
f.       Setelah proses tersebut dilaukan, proses selanjutnya ialah pemisahan antara komponen-komponen tersebut dengan bantuan alat yang memiliki tenaga magnet, untuk memisahkan kepingan-kepingan besi dengan kepingan-kepingan alumunim, tembaga, dan lain-lain. Dan kepingan-kepingan yang telah dipisahkan inilah nantinya yang akan digunakan kembali sebagai material atau bahan baku dalam proses pembuatan AC.
g.       Setelah itu untuk bahan dari plastic akan dipaskan melalui mesin specific gravity sparation machine.
2.      Proses daur ulang  AC (outdoor unit)
a.       Untuk outdoor unit, pertama-tama pada proses disassembly, refrigatornya  nya akan dipisahkan terlebih dahulu. Untuk komponen ini langsung dilakukan proses pengecekan dan perbaikan, di mana Freonnya akan dihilangkan. Dan setelah terbebas dari semua CFC ini, maka akan dapat diguakan lagi sebagai komponen dalam produksi AC.
b.      Kemudian proses disassembly akan dilanjutkan untuk memisahkan komponen-komponen berdasarkan karakteristik bahannya. Proses ini dilakukan baik dengan menggunakan robot machine juga secara manual oleh operator.
c.       Lalu untuk proses selanjutnya setelah dipisahkan antara part-part atau komponen-komponen berdasarkan karakteristiknya dan jenis-jenis bahannya, maka proses selanjutnya sama dengan proses pada indoor unit. Yaitu proses sterilisasi untuk komponen yang terbuat dari bahan plastic, dan proses penghancuran untuk komponen-komponen yang terbuat dari besi, tembaga serta alumunium, kemudian proses pengelompokan berdasarkan jenis bahannya.

Berikut gambaran umum proses daur ulang  Air Conditioner (AC)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar