Kamis, 19 April 2012

Tips Cara Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat. Pada kesempatan kali ini saya sekedar mau bagi-bagi tips cara hidup sehat kepada para pembaca sekalian. Memang pada zaman sekarang ini yang namanya hidup sehat itu susah untuk dijalankan. Di mana-mana makanan banyak mengandung zat-zat kimia, udara yang tidak lagi bersih, pola tidur yang tidak teratur karena tuntutan tugas, dan lain sebagainya. Buktinya banyak kita lihat di mana-mana rumah sakit, dokter-dokter umum, puskesmas, dan layanan kesehatan masyarakat yang ada laris-manis dikunjungi para pasien dari berbagai golongan dan usia. Melihat kondisi yang ada sekarang dimana-mana digembar-gemborkan untuk hidup sehat. Masyarakat pun banyak yang telah beralih ke cara hidup sehat

Nah saya akan sedikit mencoba berbagi beberapa tips cara hidup sehat yang bisa kita jalankan dan lakukan dengan mudah
  1. Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak, seperti mentega, margarin, dan minyak kelapa. Lebih baik mendapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji. Lupakan jeroan, otak, makanan sup santan, kulit ayam dan kuning telur. Pilih daging tanpa lemak, diet sup bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik
  2. Jika memungkinkan hindari bahan pangan atau bahan pengawet dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan kanker.
  3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna alami. Gunakan pewarna dari bahan makanan seperti (cokelat) dari bubuk coklat, strowbery (merah), (kuning) kunyit, daun suji (hijau). Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan rempah-rempah penyedap berlebihan. Banyak makan buah dan sayuran.
  4. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih metode memasak makanan dengan dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.
  5. Perbanyak minum air mineral (8 gelas sehari), hindari alkohol, minuman bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah merupakan minuman yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan. 
Sekian dulu tips cara hidup sehat yang dapat kita jalankan dan lakukan dengan mudah, agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik. Walau fasilitas kesehatan sekarang sudah banyak bertebaran di mana-mana, akan tetapi yang namanya menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar