Selasa, 17 April 2012

Perbedaan Bisnis Online Dengan Bisnis Offline

Sama halnya dengan bisnis offline, pelaku bisnis online juga harus memiliki media dalam pemasarannya. Contohnya seseorang yang ingin berjualan secara onlline juga membutuhkan sebuah toko sama halnya dengan berjualan secara offline. Tapi bedanya di sini untuk membangun sebuah toko online yang kita butuhkan adalah seperangkat komputer dengan akses internet, sedangkan untuk membangun sebuah toko offline yang kita butuhkan adalah sebuah bangunan untuk kita jadikan sebuah toko.

bisnis online dan offline

Akan tetapi pada dasarnya ada beberapa perbedaan bisnis online dengan bisnis offline yang mencolok. Berikut berebapa perbedaan bisnis online dengan bisnis offline, antara lain:

1. Biaya Promosi Lebih Murah

Banyak sekali penyedia layanan promosi di internet, yang memungkinkan dan memudahkan kita untuk melakukan promosi untuk jasa/produk dengan anggaran yang sangat minimum, bahkan ada juga yang geratisan.

2. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Dalam bisnis online, jangkauan pemasaran produk/jasa kita sangat luas sekali. Hal ini dapat dimungkinkan karena seperti yang kita ketahui jangkauan internet itu sangat luas sekali dan tanpa batas. Kita tidak hanya bisa menjangkau pasar dari daerah atau kota kita sendiri, kita dapat menjangkau pasar seluas-luasnya, bahkan hingga pasar luar negeri sekalipun dengan biaya yang jauh lebih kecil.

3. Modal Lebih Kecil

Separti yang saya contohkan di atas, dalam membangun bisnis online kita tidak perlu mendirikan bangunan/gedung sebagai tempat usaha kita, karyawan yang banyak, dll. Karena semuanya dapat kita lakukan sendiri. Sehingga modal-modal besar yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut tidak ada.

4. Dapat Kita Lakukan Separuh Waktu

Dalam Membangun Bisnis Online kita dapat menjalankannya di waktu luang. Tanpa harus Meninggalkan pekerjaan utama kita.

5. Sistem Bekerja Selama 24 Jam sehari

Dalam membangun bisnis online, segala sistem dapat diakses selama 24 jam non stop. Dengan melakukan transaksi dengan mudah, karena dapat dilakukan secara elektronik.

6. Mempermudah Hubungan Baik dengan Pelanggan

Seperti yang kita ketahui internet merupakan media yang interaktif, sehingga memudahkan kita menjalin komunikasi dan hubungan dengan para pelanggan kita. Baik itu melalui news letter, kotak saran, survey/polling, forum, chat, dll. Dapat melakukan pelayanan dengan pelanggan dalam satu waktu sekaligus.

Jadi dapat disimpulkan bahwa banyak sekali kelebihan bisnis online dibandingkan dengan bisnis ofline

Untuk contoh  bisnis tanpa modal dapat dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar