Jumat, 20 April 2012

Cara Mempromosikan Bisnis dengan Facebook Ads

Pada tutorial bisnis online kali ini akan dibahas cara mempromosikan bisnis melalui sosial media, khususnya cara mempromosikan bisnis lewat facebook Ads. Media untuk Mempromosikan bisnis di dunia maya semakin berkembang. Sebelum muncul Facebook, Google Adword menjadi pilihan paling efektif bagi para pemilik bisnis, tapi ada pula seperti review blog, sistem afiliasi yang diterapkan oleh banyak perusahaan pada blog-blog yang berpage rank tinggi, atau sistem situs jejaring iklan baris yang kini mulai ditingalkan banyak orang karena ketidak efektifannya.

Banyak sekali cara untuk mengiklankan bisnis di internet dan setelah muncul dan populernya facebook di dunia maya, dunia internet marketing menghadapi tantangan baru dan fasilitas baru dalam mempromosikan produk barang dan jasa online nya melalui facebook, yang banyak orang mengakui, merupakan situs jejaring yang paling mutakhir di muka ini.

Siapapun tidak akan meragukan kemampuan facebook di dalam dunia advertising. Bahkan, banyak internet marketers mengatakan bahwa facebook Ads di banyak sisi, jauh lebih efektif daripada Google Ads. Pengguna facebook yang lebih dari 350 juta orang adalah salah satu faktor penting besarnya keefektifan facebook ads. 
facebook ads
  
Ternyata ada perbedaan mendasar yang membuat hasil dari google ads dan facebook ads yang ternyata sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dari mereka. Salah satu penyebabnya adalah perbedaan sistem dari keduanya. Google menggunakan sistem targeted keyword dalam pemasangan iklan yang kita punya. Yaitu dengan sistem pencarian google yang maha dashyat itu, iklan kita akan ditampilkan di halaman yang memiliki konten yang sejenis dengan iklan kita, sehingga kemungkinan terkliknya iklan kita sangatlah tinggi. Hal ini juga sangat menguntungkan para bloggers yang sering menulis tentang minat dan hobi mereka karena mereka pun juga bisa mengikuti program Google Adsense dan mendapatkan share keuntungan dari Google dari link yang diklik oleh pengunjung mereka.

Facebook ads, yang mulai populer beberapa tahun belakangan, mengambil pendekatan yang cukup berbeda dari Google. Walaupun bukan bermaksud menyaingi Google, tetapi mau tidak mau, ada sedikit persaingan disana.

Keuntungan dari Facebook adalah bahwa para target market mereka telah terdaftar di data base mereka, lengkap dengan identitas, umur, hobby, pekerjaan, minat, dan sebagainya. Tentu saja ini sangat membantu facebook dalam meningkatkan keefektifan iklannya. Targetted word yang diusung oleh Google, di dalam facebook, berubah menjadi targetted people yang diharapkan akan lebih efektif menjangkau para pengguna
facebook. Targetted people, artinya kita bisa memasarkan produk kita yang terkadang segmented, atau target market kita yang kita sasar sebagai konsumen produk kita sendiri.

Teknis dari facebook ads adalah seperti ini. Pemilihan target market yang spesifik yang
ditawarkan oleh facebook dijelaskan dibawah ini:
  1. Location - Menentukan target yang berdomisili mana yang teman-teman pilih.
  2. Age - Rentang umur dari target market yang teman-teman sasar dari produk teman-teman.
  3. Birthday - Dapat teman-teman setting jika produk teman-teman berupa gift atau suvenir untuk
     hadiah ulang tahun.
  4. Sex - Jenis kelamin yang teman-teman targetkan dari produk teman-teman.
  5. Keyword - Keyword dari produk teman-teman
  6. Education - Tingkat pendidikan yang ingin teman-teman tuju.
  7. Workplaces - Berhubungan dengan tempat kerja yang telah teman-teman targetkan dari
     produknya.
  8. Relationship - Jika produk teman-teman bersegmen untuk orang yang telah menikah,
     singel, atau pun masih berpacaran. 
  9. Connection - Para user yang berhubungan dengan page,event, atau group apa
    yang teman-teman telah teman-teman tujukan.
  10. Friends of connection - Teman dari orang yang bergungan dengan page,
    event, atau group tertentu yang teman-teman anggap merupakan potensial market dari
    produk teman-teman.
  11. Languages - Para pengguna bahasa apa saja yang menjadi target market teman-teman.
  12. Interested in - Ini adalah minat dari para target market teman-teman, misalnya produk
    teman-teman berhubungan dengan musik, setel pada musik.

Setelah mengisi formulir yang disediakan facebook, secara otomatis facebook akan mengkalkulasi jumlah target market teman-teman di database mereka. Dan dengan cepat teman-teman dapat mengetahui jumlah target market teman-teman yang mempunyai kemungkinan membeli atau mengakses produk teman-teman. Terlihat sangat efektif bukan? Silahkan teman-teman mencoba mempromosikan bisnis lewat facebook.

Sekian dulu tutorial bisnis online kali ini tentang cara mempromosikan bisnis lewat facebook Ads. Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar