Senin, 30 April 2012

Metode Analisa Transportasi Programa Linear

Metode transportasi programa linear merupakan metode yang cukup sederhana dalam memcahkan permasalahan alokasi. Metode ini mempresentatifkan permalahan kedalam bentuk tabel yang terdiri dari beberapa variabel perhitungan sbb:

a. Sumber (Source)
Sumber disini ditunjukkan dengan kapasitas supplai dari masing-masing sumber tersebut untuk periode waktu tertentu. Dalam tabel dibawah, sumber ditunjukkan dengan notasi Fi. Dan kapasitas sumber dinotasikan dengan Si.

b. Tujuan alokasi (Destination)
Tujuan alokasi menunjukkan lokasi dimana supplai akan didistribusikan. Tujuan alokasi dinotasikan sebagai Aj dengan jumlah permintaan dari masing-masing tujuan alokasi dinotasikan dengan Dj.

c. Biaya Transportasi per unit (Unit shipping cost).
Biaya pengiriman untuk 1 unit produk (bisa juga dimasukkan sebagai biaya produksi per unit) dari sumber i ke tujuan j, dinotasikan sebagai Cij.

d. Alokasi supplai (distribusi)
Besarnya jumlah pengiriman barang (alokasi) per route/sel adalah variabel ayang akan ditentukan dalam analisa ini. Besarnya alokasi dinotasikan sebagai Xij.

e. Total biaya transportasi.
Total biaya transportasi merupakan kriteria pokok dalam analisa alokasi ini, Total biaya transportasi diformulasikan sebagai : Z =åCij x Xij

Tidak ada komentar:

Posting Komentar