Selasa, 24 April 2012

Strategi Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mencoba membahas tentang cara meningkatkan pendapatan adsense. Pertama-tama mari kita mulai dengan pertanyaan: apa faktor terpenting untuk meningkatkan pendapatan adsense? jawabannya sudah pasti, bukanlah letak iklan, jenis iklan atau apapun itu, karena faktor utama yang terpenting adalah organic traffic (traffic dari Google dan mesin pencari lainnya).

Berikut adalah contoh sederhana untuk menggambarkan hal ini. Misalnya Anda memiliki sebuah forum online yang menerima 500.000 pengunjung unik per bulan, tapi 100% dari mereka yang datang langsung ke forum, baik melalui bookmark atau dengan mengetikkan URL di browser mereka, karena mereka sudah menjadi anggota di forum online yang anda miliki. Situs kedua adalah blog yang hanya menerima 250.000 unique visitor per bulan, tetapi 80% dari mereka yang datang dari search engine, sedangkan 20% sisanya berasal dari  referring sites. Meskipun berbeda besar di tingkat trafficnya, jika kedua situs mulai menggunakan Google AdSense, maka yang akan mendapatkan pendapatan adsense lebih besar adalah blog yang hanya memiliki unique visitor 250.000 per bulan.

Bagaimana bisa?

Itu karena pengunjung yang datang dari search engine, mereka benar-benar mencari sesuatu yang spesfik (yaitu mereka mencari apa pun yang mereka ingin cari di Google), dan ketika mereka berakhir di blog Anda mereka sangat mungkin untuk mengklik pada unit AdSense yang terpasang di blog Anda, karena iklan tersebut pasti berhubungan dengan apa yang mereka cari.

Intinya adalah bahwa jika Anda ingin tahu cara meningkatkan pendapatan adsense Anda, salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan organic traffic Anda. Yah sepertinya memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukantapi hal tersebut benar-benar mungkin dapat anda lakukan. Di bawah ini saya ingin berbagi strategi dapat Anda gunakan dari dari hasil melalang buana ke berbagai blog-blog nya para jendral-jendral blogger dunia, hehehehe.......

Long Tail Keyword 
Ide sentral dari strategi cara meningkatkan pendapatan adsense ini adalah dengan menggunakan long tail keyword untuk meningkatkan organic traffic Anda.

Jika Anda tidak akrab dengan istilah itu, long tail keyword merujuk pada kurva berbentuk ekor yang dihasilkan ketika Anda mempertimbangkan distribusi beberapa hal tertentu. Prinsip yang sama berlaku untuk banyak hal, termasuk kata kunci pencarian di search engine. Sebagian kecil kata kunci pencarian (misalnya "uang", "kesehatan", "bisnis") mengambil sebagian besar sumber daya di search engine. Namun, jika Anda jumlah semua permintaan pencarian yang langka (misalnya "bagaimana menghasilkan uang dari hewan peliharaan", "terapi kesehatan dengan lumba-lumba"), jumlahnya akhirnya menjadi signifikan. Gambar di bawah menggambarkan hal ini:


Bagaimana Anda bisa menggunakan prinsip ini untuk mendapatkan lebih banyak organic traffic? Temukan long tail keyword yang berkaitan dengan niche blog Anda dan buat konten yang berkaitan denga kata kunci tersebut, yah memang susah sih namanya juga pengen meningkatkan pendapatan adsense, ya nggak mungkin juga dengan bimsalabim langsung meningkat tuh pendapatan adsense kita, pastinya harus ada usaha yang lebih keras lagi, betul?. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

Langkah 1: Gunakan double-filter process untuk menemukan long tail keywords
Anda dapat melakukan langkah ini menggunakan Google AdWords Keyword Tool.

Sebelum memulai, pada pilihan Filter pastikan untuk memilih lokasi dan bahasa sesuai dengan target pengunjung blog anda.Juga, di sidebar kiri, mengubah jenis pertandingan dari “Broad” ke “Exact” (hal ini bertujuan untuk memastikan data akan lebih dapat diandalkan).

Mari kita misalkan Anda memiliki blog tentang game PC. Anda harus mulai dengan kata kunci seluas mungkin, "game PC". Sekarang menelusuri hasil mencari kata kunci sempit yang memiliki setidaknya 50.000 pencarian bulanan. Misalnya, “pc games download”, “free games for pc” and “pc game list". Kemudian tulis di notepad. Ini adalah filter pertama.

Untuk menyaring kata kunci sekali lagi, pilih masing-masing dari istilah sempit yang Anda pilih pada langkah sebelumnya dan tempatkan pada Google tool. Sebagai contoh, saya akan menggunakan "“pc games download”, seperti yang Anda lihat dengan gambar di bawah:


Sekarang Anda perlu menelusuri hasil ini sekali lagi, mencari yang sangat sempit (yaitu long tail keyword) kata kunci yang memiliki antara 1000 dan 15000 pencarian bulanan. Beberapa contoh saya menemukan adalah:  “old pc games download”, “full pc games downloads”, “free pc games downloads for windows 7″, dan “games download free full version”. 

Semakin panjang kata kunci akan lebih baik (asalkan memiliki setidaknya 1000 pencarian bulanan) karena meningkatkan peringkat untuk kata kunci tersebut akan lebih mudah.

Langkah 2: Buat sebuah konten yang dibutuhkan pembaca
Bisnis utama Google adalah pencarian. Ini berarti bahwa perlu untuk memberikan hasil yang benar-benar akan memuaskan penggunanya. Mengetahui hal ini, langkah awal untuk meningkatkan organic traffic Anda harus memberikan sesuatu yang menarik yang dibutuhkan pembaca blog anda

Dengan kata lain, jika Anda ingin mendapatkan traffic dari kata kunci “old pc games download” Anda harus memastikan bahwa halaman blog Anda tersebut benar-benar memiliki semua informasi yang dibutuhkan pembaca apapun itu jenis dan sumber informasinya.

Sekarang tujuan Anda adalah untuk membuat satu halaman / posting blog untuk setiap long tail keywords yang Anda temukan pada langkah pertama. Pastikan bahwa konten pada halaman tersebut benar-benar lengkap matan informasinya (jangan takut untuk menghabiskan beberapa jam untuk meneliti dan menulis).

Langkah 3: Promosikan halaman-halaman tersebut 
Seperti Anda ke, memiliki tahui, konten yang bagus hanya sebagian dari usaha jika Anda ingin peringkat yang baik di Google dan menerima organic traffic. Bagian lain adalah promosi dan backlink. 

Untuk promosi dan backlink, anda bisa mensubmit artikel anda tersebut di artikel-artikel directory, socialbookmark, sosial media, dll.

Langkah 4: Tunggu dan Berdoa
Setelahmelakukan langkah-langkahdi atas, anda tinggal tunggu saja hasilnya dan jangan lupa diiringi dengan doa, karena usaha tanpa doa nggak akan ada hasilnya. hehehehehe.........

Sekian dulu artikel kali ini mengenai strategi cara meningkatkan pendapatan adsense, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

jangan lupa baca juga

1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus